Rencana Kinerja Tahunan (RKT) Lengkap Dengan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS)

Rencana Kinerja Tahunan (RKT) merupakan salah satu dokumen untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat dalam mewujudkan terciptanya pemerintahan yang baik. RKT adalah dokumen perencanaan kinerja SKPD untuk periode 1(satu) tahun yang memuat sasaran strategis, indikator kinerja dan target kinerja.


Rencana kinerja tahunan
1.    Penyusunan RKT dilakukan seiring dengan agenda penyusunan program dan kebijakan anggaran oleh pimpinan satuan organisasi/ kerja yang akan dicapai pada tahun berjalan. Rencana kinerja tahunan (RKT) merupakan penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam Renstra, dan akan dilaksanakan oleh satuan organisasi/kerja melalui berbagai kegiatan tahunan

2.  Penyusunan RKT meliputi sasaran stratregis, sasaran program, sasaran kegiatan utama, indikator kinerja sasaran/ indikator kinerja utama (IKU), dan target yang ingin dicapai dalam tahun yang bersangkutan, dengan melakukan penetapan sasaran, penyusunan indikator sasaran, dan menetapkan target.

3. Selanjutnya diidentifikasi/dipilih/ditetapkan sasaran mana yang akan diwujudkan pada tahun yang bersangkutan beserta indikator kinerja sasaran dan rencana tingkat capaiannya (targetnya). Sasaran yang dimaksud pada rencana kinerja ini adalah sasaran yang dimuat dalam dokumen Renstra. Penetapan Sasaran RKT

4.   Identifikasi/memilih/menetapkan sasaran adalah sasaran pada Renstra dapat dilaksanakan seluruhnya pada tahun berjalan, maka sasaran pada Renstra dapat dipindahkan dalam Rencana Kinerja Tahunan (RKT). Akan tetapi apabila sasaran dan indikator kinerja sasaran pada Renstra tidak dapat dilaksanakan seluruhnya pada tahun berjalan, maka dapat dipilih sasaran yang tertulis pada Renstra sesuai skala prioritas

5. Indikator kinerja sasaran harus didasarkan pada dokumen Renstra atau penetapan indikator kinerja utama (IKU) pada masing- masing satuan organisasi/satuan kerja  kinerja sasaran secara langsung atau tidak langsung dapat mengindikasikan sejauh mana keberhasilan pencapaian tujuan. Setiap sasaran dapat memiliki lebih dari satu indikator kinerja sasaran. ØIndikator kinerja sasaran adalah ukuran kuantitatif dan/atau kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian sasaran yang telah ditetapkan. Indikator Kinerja Sasaran

6. hasil (outcomes) adalah segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan pada jangka menengah. Outcomes merupakan ukuran seberapa jauh setiap produk/jasa dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.  keluaran (outputs) adalah sesuatu berupa produk/jasa (fisik atau non fisik) sebagai hasil langsung dari pelaksanaan suatu kegiatan dan program berdasarkan masukan yang digunakan; Penyusunan Indikator Kinerja Sasaran Penyusunan indikator kinerja sasaran
:
7. Penetapan Target Pada masing-masing indikator kinerja sasaran harus disertai dengan rencana tingkat capaian target kinerja masing- masing berupa kualitatif maupun kuantitatif.


Berikut ini adalah contoh RKT dan untuk lebih lengkapnya dapat diunduh pada link diatas

Dengan berdasar pada uraian di atas, maka kami warga sekolah SDN.Timbulrejo UPTD Pendidikan Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Bangunrejo, mencoba menyusun  Rencana Kerja Sekolah ( RKS ) yang berbentuk   Rencana Kerja Tahunan  ( RKT )

A. Libu/Bapasan
Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) agar SDN…………… UPTD Pendidikan Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Rencana Pengembangan Sekolah tersebut disusun berdasarkan bahwa sekolah merupakan unit pelaksana pendidikan formal dengan berbagai keanekaragaman potensi peserta didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam pula.
Dasar pemikiran inilah yang mendorong munculnya suatu pendekatan yang dikenal dengan istilah  Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah                    ( MPMBS ) atau School Based Quality Managemen. Pengembangan lebih lanjut tentunya memerlukan suatu perencanaan yang sangat matang yang tertuang dalam Rencana Strategis Sekolah.Oleh karena itu ,maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan dan sekaligus peningkatan sumberdaya manusia. Dengan rencana pengembangan sekolah ini diharapkan dijadikan pedoman kerja serta sebagai acuan dalam upaya pengembangan sekolah.

Untuk lebih mudah silakan unduh pada link dibawah ini


B. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
Maksud pembuatan program kerja  / Rencana Kerja Tahunan ini untuk memberikan gambaran tentang pola kerja dan arah tujuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan tugasnya pada kurun waktu satu tahun kedepan,sehingga dalam oprasionalnya dapat lebih efektif dan efisien,sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

2. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan Rncana Kerja Tahunan ( RKT ) ini adalah :
Sebagai pedoman dan landasan kerja dalam pelaksanaan program sekolah, sehinggadapat menjamin agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapatdicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat, sehingga semua “Stake Holders “ sekolah mengetahui dan memahami tentang rencana implementasi sekolah.
Mendukung koordinasi antar pelaku pendidikan di sekolah.
Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota, dan antarwaktu.
Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilandan berkelanjutan.
Sebagai dasar dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pada saat berlangsungnya kegiatan dan akhir program.