Cara Memproses Akriditasi SisPenA SM Lengkap Dengan Intrumennya dan Login Aplikasinya

Cara Memproses Akriditasi SisPenA SM Lengkap Dengan Intrumennya dan Login Aplikasinya

Tiap Sekolah wajib ikut dalam program Akreditasi Sekolah yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM) yang berguna untuk mewujudkan kualitas suatu sekolah yang menjadi standar mewujudkan program wajib belajar untuk seluruh anak Indonesia

INSTRUMEN AKREDITASI
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)

1.  Periksalah kelengkapan perangkat Akreditasi SD/MI yang terdiri atas:
a.    Instrumen Akreditasi SD/MI;
b.    Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi SD/MI;
c.    Instrumen  Pengumpulan  Data  dan  Informasi  Pendukung  (IPDIP) Akreditasi SD/MI; dan
d.    Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi SD/MI.
Keempat  dokumen ini merupakan  satu kesatuan  yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir pernyataan ins- trumen Saudara harus mempelajari/memahami  Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi dan mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) Akreditasi.



2. Isilah instrumen  akreditas  SD/MI dengan  cara memberi  tanda ceklis (√) pada kotak opsi jawaban “A”, “B”, “C”, “D”, atau “E” pada butir instrumen yang meliputi 8 (delapan) komponen standar nasional pendidikan:
a.  komponen standar isi nomor 1—10;
b. komponen standar proses nomor 11—31;
c.  komponen standar kompetensi lulusan nomor 32—38;
d. komponen standar pendidik dan tenaga kependidikan nomor 39—54;
e.  komponen standar sarana dan prasarana nomor 55—75;
f.  komponen standar pengelolaan nomor 76—90;
g. komponen standar pembiayaan nomor 91—106; dan h. komponen standar penilaian nomor 107—119.

3. Jawablah  semua  butir secara  obyektif  dan jujur sesuai  dengan  keadaan sebenarnya yang ada di SD/MI Saudara.
4. Siapkanlah seluruh bukti fisik yang dipersyaratkan dalam Juknis Pengisian Instrumen   Akreditasi   SD/MI   dan   Instrumen   Pengumpulan   Data   dan Informasi  Pendukung   (IPDIP)  Akreditasi   SD/MI  yang  akan  digunakan oleh  Tim Asesor  pada saat melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi.

5. Sebelum   mengisi   Instrumen   Akreditasi,   isilah   terlebih   dahulu   (a) pernyataan kepala sekolah/madrasah; dan (b) data identitas sekolah/madrasah.

Bobot Komponen Instrumen Akreditasi
Instrumen  Akreditasi  SD/MI disusun berdasarkan  delapan kompone yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 119 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. Jumlah Butir dan Bobot Komponen  Instrumen Akreditasi SD/MI untuk masing-masing standar seperti ditunjukkan pada Tabel 1 berikut.
Tabel 1. Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI

No.

Komponen Akreditasi

Nomor Butir
Jumlah
Butir
Bobot
Komponen
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
Standar Isi
1 ¾ 10
10
14
2
Standar Proses
11 ¾ 31
21
14
3
Standar Kompetensi Lulusan
32 ¾ 38
7
14
4
Standar Pendidik dan Tendik
39 ¾ 54
16
16
5
Standar Sarana dan Prasarana
55 ¾ 75
21
12
6
Standar Pengelolaan
76 ¾ 90
15
10
7
Standar Pembiayaan
91 ¾ 106
16
10
8
Standar Penilaian Pendidikan
107 ¾ 119
13
10
Jumlah
119
100

Tabe Skor Butir Instrumen Akreditasi
Seluruh butir pernyataan Instrumen Akreditasi SD/MI merupakan pernyataan tertutup  masing-masing  dengan  lima opsi  jawaban  yaitu  A, B, C, D, atau  E, dengan ketentuan skor setiap opsi jawaban sebagai berikut.
      Butir pernyataan yang dijawab A memperoleh skor = 4.
Butir pernyataan yang dijawab B memperoleh skor = 3. Butir pernyataan yang dijawab C memperoleh skor = 2. Butir pernyataan yang dijawab D memperoleh skor = 1. Butir pernyataan yang dijawab E memperoleh skor = 0. Skor 4 disebut dengan Skor Butir Maksimum.

Penentuan Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan


No

Komponen Akreditasi

Bobot
Komponen
Nilai Komponen Akreditasi
Nilai Komponen Akreditasi*
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
1
Standar Isi
14
10,31
73,64
2
Standar Proses
14
10,97
78,36
3
Standar Kompetensi Lulusan
14
12,79
91,36
4
Standar Pendidik dan Tendik
16
14,55
90,93
5
Standar Sarana dan Prasarana
12
10,50
87,50
6
Standar Pengelolaan
10
7,69
76,90
7
Standar Pembiayaan
10
8,52
85,20
8
Standar Penilaian
10
9,46
94,60

Pemeringkatan Hasil Akreditasi
Pemeringkatan  akreditasi dilakukan jika hasil akreditasi memenuhi kriteria status akreditasi (lihat poin II.A). Sekolah/Madrasah  memperoleh peringkat akreditasi sebagai berikut:

1. Peringkat akreditasi A (Unggul) jika sekolah/madrasah  memperoleh Nilai Akhir Akreditasi (NA) sebesar 91 sampai dengan 100 (91< NA < 100).

2. Peringkat  akreditasi  B (Baik)  jika sekolah/madrasah  memperoleh  Nilai Akhir Akreditasi sebesar 81 sampai dengan 90 (81 < NA < 90).

3. Peringkat akreditasi C (Cukup) jika sekolah/madrasah  memperoleh Nilai Akhir Akreditasi sebesar 71 sampai dengan 80 (71 < NA < 80).

Sekolah/madrasah   yang  tidak  terakreditasi  adalah  yang  mendapat  nilai akhir:

1. 61 sampai dengan 70 (61 < NA < 70) dengan peringkat  akreditasi  D (Kurang).

2. 0  sampai  dengan  60  (0  <  NA  <  60)  dengan  peringkat  akreditasi  E (Sangat Kurang).

Dari contoh terlihat bahwa Nilai Akhir Akreditasi sama dengan 85 (Tabel 4, kolom  6,  baris  terakhir)  dan  seluruh  Nilai  Komponen  Akreditasi  Skala Ratusan pada masing-masing komponen lebih besar dari 50 (Tabel 5, kolom
5), serta memperoleh  nilai komponen  sarana prasarana  tidak kurang dari 61,  maka  SD/MI   tersebut   dinyatakan   Terakreditasi   dengan   Peringkat Akreditasi B (Baik). Rekapitulasi Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan, Nilai Akhir Akreditasi  dan Peringkat  Akreditasi  dapat dilihat pada Tabel 6 berikut.
Rekapitulasi Nilai Komponen Akreditasi Skala Ratusan, Nilai Akhir Akreditasi, dan Peringkat Akreditasi SD/MI


No

Komponen Akreditasi
Nilai Akreditasi
Komponen
(1)
(2)
(3)
1
Standar Isi
74
2
Standar Proses
78
3
Standar Kompetensi Lulusan
91
4
Standar Pendidik dan Tendik
91
5
Standar Sarana dan Prasarana
88
6
Standar Pengelolaan
77
7
Standar Pembiayaan
85
8
Standar Penilaian Pendidian
95

Nilai Akhir Akreditasi
85
Peringkat Akreditasi
B


Dengan  cara  yang  sama,  contoh  berikut  ini  tentang  perhitungan  nilai akreditasi  SD/MI  yang TidaTerakreditasi.  Dengan  asums Jumlah  Skor Tertimbang  Perolehan  sudah  diketahui,  cara menentukan  Nilai Komponen akreditasi
Langkah Login Aplikasi SisPenA BAN-SM

1. Buka Website Aplikasi Sispena
Ketiklah alamat / url http://sispena.bansm.or.id ke browser yang biasa digunakan. http://sispena.bansm.or.id/login

2. Registrasi Akun Sekolah
Setelah terbuka halaman login Sispena silakan masukkan username serta password standar berupa NPSN “nantinya pasword dapat diubah saat sudah login”. Pada bagian level pengguna pilih sebagai sekolah.
Selanjutnya, jika muncul kotak ceklis / verifikasi gambar maka harus dijawab, kemudian baru bisa login aplikasi Sispena.

3. Isi Identitas Sekolah Secara Lengkap Saat pertama kali login Sispena. Sistem otomatis menampilkan jendela form isian identitas sekolah. lengkapi form tersebut sampai selesai, pastikan form email sudah terisi, karena email ini nantinya digunakan sebagai akun recovery akun sispena jika lupa password.

4. Login ke Beranda Aplikasi Sispena
Setelah melengkapi identitas sekolah, maka akan masuk ke area penilaian evaluasi diri sekolah, jika pada menu ini tidak terdapat data atau kosong artinya belum di maping sebagai sasaran akreditasi tahun berjalan “yang melakukan mapping bukan kita ya, tapi BAP”. Namun jika terdapat menu penilaian berarti telah disasar sebagai peserta akreditasi pada aplikasi Sispena.
Bagi yang belum termasuk sasaran akreditasi jangan khawatir, karena masih tetap dapat mencoba penilaian berdasarkan instrumen baru dengan memanfaatkan Fitur Simulasi Sispena pada bagian kiri.

5. Isi dan Lengkapi Instrumen Akreditasi Sekolah
Dalam  tabel  evaluasi diri sekolah terdapat 6 menu yang harus dilengkapi yaitu Pernyataan  Kepala Sekolah, Prasyarat Akreditasi, Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP), Photo Pendukung, Penilaian EDS dan Kartu Kendali.
Pernyataan Kepala Sekolah Unggahlah surat pernyataan KS, jika belum memiliki formatnya dapat diunduh didalamnya, di isi lalu diunggah.
Prasyarat Akreditasi
Menampilkan 6 tombol untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF / DOC (Dokumen). Keenam dokumen dimaksud adalah Surat Ijin Operasional, Daftar Siswa Tiap  Kelas, Data PTK,  Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum, Daftar Lulusan 1 Tahun Terakhir dan Data Sarana Prasarana. Dokumen yang diunggah berukuran maksima 1 MB.
Jika dokumen berhasil dikirim muncul tombol sudah terunggah, jika terdapat kesalahan dapat melakukan perubahan data dengan cara me-replace file.
Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP)
Pada fitur ketiga ini kita mengunduh contoh instrumen pengunpulan data berbentuk doc / pdf. Setelah diunduh, serahkan ke penanggungjawab pengisian atau ke KS untuk di isi. Setelah selesai selanjutnya upload dokumen IPDIP tersebut, pastikan ukuran maksimalnya 3 Mb, Simpan.
Photo Pendukung
Unggahlah photo terkait sekolah disini dengan format JPG, ada 5 buah photo yang harus diunggah seperti Plang Sekolah, Sarpras, Kegiatan Sekolah dan foto lainnya yang mewakili kondisi sekolah.
Input Evaluasi Diri Sekolah
Bagian yang sangat penting dari aplikasi Sispena adalah pengisian EDS. Pada menu ini terdapat jendela penilaian akreditasi, sistem penilaian ditampilkan butir demi butir dan sesuai 8 standar secara berurutan. Sebelum melakukan pengisian silakan tekan tombol Petunjuk Teknis pada bagian kanan atas untuk memahami tatacara pengisiannya.
Untuk memberikan penilaian langsung pilihan opsi a,b,c,d,e. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Jika sudah, pilih tombol selanjutnya untuk mengisi instrumen lain sampai semua instrumen terisi.
Penilaian bisa dilakukan secara acak dari satu standar ke standar lainnya. Data penilaian akan tersimpan secara otomatis jika admin keluar dari sistem guna mengantisipasi terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian
Proses penilaian EDS dianggap selesai saat semua butir telah dinilai, ditandai munculnya tombol Simpan dibagian paling bawah. Apabila sudah yakin dengan penilaiannya, pilih tombol Simpan lalu bisa langsung melihat hasil penilaiannya dengan memilih tombol Lihat Hasil Penilaian.
Pada jendela Hasil Penilaian akan muncul Nilai Setiap Standar, Nilai akhir dan Peringkat. Jika terdapat warna merah artinya nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, dengan kata lain tidak lulus akreditasi. Karenanya jika terdapat nilai merah admin sekolah dapat merubah data evaluasi diri sekolah dengan menekan tombol menu Edit EDS. Untuk merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai pertama kali.

Kartu Kendali
Langkah terakhir ini sangat Penting….!!. Sekolah  harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan. Perlu di ingat bahwa kartu ini hanya sekali dan tak bisa di rubah, jadi pastikan data sudah benar-benar sesuai.

Selanjutnya cetak kartu pada tombol Print, lalu lembar isian sesuai dengan format lalu di tanda tangani oleh kepala sekolah. Scan kartu lalu kirim dengan menglik upload lalu pilih filenya.
Selain ke enam menu tersebut terdapat juga menu-menu lainnya seperti edit profil serta ganti pasword, namun fitur utaman dari aplikasi sispena adalah 6 poin di atas.

Demikian pemaparan tentang panduan cara login aplikasi Sispena beserta penggunaannya, bagi sekolah yang sudah dimapping selamat bekerja. Semoga diberi kesehatan selalu mengingat padatnya pengelolaan pendataan oleh OPS, selamat menggunakan.