Cara Mendaftar Akun Verval Individu GTK dan Cetak Kartu GTK

Panduan Cara Daftar Akun Verval Individu GTK dan Cetak Kartu GTK Kemdikbud

Ini merupakan sistem verifikasi dan validasi (verval) data individu GTK yang disediakan oleh Kemdikbud. Laman edit data GTK kemdikbud ini menupakan laman dengan hak akses personal, artinya akun pada verval individu gtk milik masing-masing gtk bukan milik operator sekolah.

Cara Daftar Akun Verval Individu GTK dan Cetak Kartu GTK Kemdikbud


Hal yang perlu disiapkan scan kartu tanda penduduk (KTP)
.

A. Cara Daftar Akun Verval Individu GTK Kemdikbud

Kunjungi halaman http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id/login/

Pada halaman login pilih menu Mendaftar Akun isilah form pada menu pendaftaran akun dengan lengkap. Form pendaftaran meliputi :
Nama user isilah dengan nama lengkap gtk.
Email addres isilah dengan email anda yang aktif karena persetujuan akun akan di kirim ke email tersebut.
Password isilah dengan password yang mudah diingat dan jangan lupa dicatan user dan passwordnya karena nanti akan digunakan login akun ketika permohonan telah disetujui.
Confirm password isilah dengan password yang pada form sebelumnya.
Tempat lahir isilah sesuai dengan identitas yang valid seperti KTP.
Tanggal lahir isilah sesuai dengan identitas yang valid seperti KTP.
Nuptk isilah dengan NUPTK anda dengan lengkap dan benar.
Nama ibu kandung isilah dengan nama ibu kandung gtk.
Pilih propinsi  dan kabupaten yang sesuai.
Pilih tombol upload file pendukung
File pendukung dimaksud adalah scan dari KTP dengan jenis file pendukung .JPG, sebelum di unggah lakukan kompresi file sehingga ukuran file menjadi kecil. Jika sudah dipilih filenya tekan timbol upload maka proses mengunggah akan dimulai dan tunggu proses ini hingga 100% selanjutnya pilih tombol tutup sehingga akan kembali ke menu pendaftaran sebelumnya. Telan tombol mendaftar dan proses pendaftaran akan dilakukan. Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan:



“Pendaftaran saudara/i telah terekam….Selanjutnya lakukan Cek Status Pendaftaran”
Cek status pendaftaran pada tombol cek status pendaftaran, akan di bawa ke tab baru. Isikan email yang digunakan untuk mendaftar tadi lalu cek statusnya. Jika ada pesan:
“Email Saudara/i... masih dalam antrian persetujuan oleh Admin”
Maka pendaftaran telah berhasil. Samapai tahap ini gtk cukup menunggu persetujuan dari admin. Persetujuan nantinya akan di kirim ke email setelah dilakukan verivikasi dokumen KTP, waktu approval bervariasi tergantung antrian data, mimin baru mendapatka email approval dari admin gtk setelah satu minggu kerja dengan email balasan berisi:
“Email saudara/I … telah di ACC oleh sistem … coba Log in”.
Dengan diterimanya email tersebut maka secara resmi terdaftar dan memiliki akun verval atribut gtk pada sistem gtkedit.data.kemdikbud.

Unduh Panduan Pendaftaran Akun Verval Individu GTK Kemdikbud.doc

B. Cara Login Sistem Verval Atribut Individu GTK

Lakukan verifikasi dan validasi terhadap data yang terdapat pada akun individu gtk dengan melakukan login terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah melakukan log in sistem verifikasi dan validasi atribut individu gtk:
Kunjungi alamat sistem verifikasi dan validasi atribut individu gtk Kemdikbud di laman http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id/login/
Masukkan email dan password yang digunakan pada saat pendaftaran sebelumnya.
Pilih tombol log in, jika email dan password berhasil diverifikasi maka akan ada pesan selamat data pada bagian bawah “Selamat Datang … Nama GTK”. Untuk melanjutkan ke beranda akun gtk silakan klik nama gtk.
Setelah berhasil login ke beranda maka akan tampil halaman beranda bertuliskan:
“Selamat Datang di http://gtkedit.data.kemdikbud.go.id. Kepada para gtk, mohon kiranya untuk melakukan pengecekan pada data gtk saudara/i, meliputi data pendidikan formal sampai dengan data pekerjaan. Apabila data tersebut masih kosong dapat diambil dari dapodik melalui menu lihat dapodik yang terdapat pada masing-masing isian data. Dan apabila kosong atau terjadi kesalahan mohon kiranya untuk diperbaiki. Salam team-GTK PDSPK-Kemdikbud”
Pada beranda tab sebelah kiri terdapat foto gtk beserta email gtk, itu menunjukkan bahwa akun yang sedang aktif adalah milik gtk bersangkutan. Pada tab di bawahnya itulah para gtk melakukan verval data atribut individunya meliputi:

C. Menu Pada Login Akun GTK

Data Kelengkapan GTK

Menu ini menunjukkan kepada gtk tentang status kelengkapan data mereka berupa persentase dan pada bagian bawah terdapat tanda kelengkapan data yang perlu dikoreksi.

Data Master

Pada menu ini gtk terdapat empat menu unggah dokumen pendukung yang membuktikan isian pada menu data master meliputi ungggah file KTP, file kartu keluarga, file data kepegawaian atau sk kepegawaian dan file bank. File yang diunggah adalah hasil scan keempat dokumen tersebut dengan jenis file pendukung .JPG, jangan lupa lakukan kompresi file agar ukuran menjadi kecil.

Menu Data GTK

Data Pendidikan Pormal

Data yang ditampilkan pada tabel di menu ini merupakan data yang tersimpan pada database vervalgtk, apabila ingin menyalin data anda dari dapodik klik tombol “lihat dapodik”, pilih data yang ingin disalin lalu pilih tombol proses salin data maka proses menyalin data akan dilakukan. Jika tedapat ketidaksesuaian data atau data hasil salin ada yang salah lakukan perubahan seperlunya pada menu ubah data diantaranya untuk mengunggah scan dokumen pendukung pendidikan terakhir atau scan ijazah jika sudah mengunggah tekan simpan perubahan.

Selain itu dapat pula menggunakan menu tambah data, hanya saja jika kita memilih menu ini kita harus mengisi data secara manual, jangan lupa untuk menekan tombol simpan data setelah mengisi secara manual agar data tersimpan. Kalo mimin sih pilih yang “lihat dapodik” karena minin sudah yakin bahwa entrian dapodik nya sudah valid, hehehehe.
Pada menu ini juga terdapat fitur unduh data file kependidikan berupa axcel, pdf atau langngsung di cetak menggunakan printer. Hal yang sama juga berlaku untuk menu lainnya seperti menu data kepangkatan / golongan , jabatan struktural,  jabatan fungsional, data sertifikasi dan data pekerjaan. Pada menu-menu tersebut pada prinsipnya sama cara mengisinya namun berbeda pada jenis dokumen yang harus di unggah
kepegawaian, data bank, data pendidikan, data golongan / kepangkatan, data jabatan struktural dan fungsional, data sertifikasi dan data riwayat mengajar.  Keseluruhan data tersebut dapat dicetak langsung maupun di unduh kedalam file pdf atau excel, sehingga memudahkan dalam pendokumntasian data gtk. Pada bagian bawah menu ini terdapar ringkasan galeri dokumen yang telah di unggah pada proses sebelumnya.

Menu Akun Pengguna

Profile Pengguna

Layaknya menu akun maka fasilitas yang disediakan tentu berkaitan dengan akun gtk bersangkutan, pada menu profil pengguna dapat merubah atau menambahkan info tambahan seperti merubah password dan nomor telpon pengguna. Selain itu juga terdapat menu unggah foto pengguna, walaupun sudah ada foto dari vervalgtk namun boleh juga merubah foto dengan foto yang baru.

BACA JUGA

Informasi-terbaru-terkait-program-guru

Cara-melihat-rapor-nilai-GPO Lengkap

Cara-mendaftar-akun-verval-individu-gtk.html


Kartu Identitas GTK

Jujur saja daya tarik dari laman ini ada pada kartu gtk nya “bagi mimin” karena setelah eranya padamu negeri belum ada lagi aplikasi cetak kartu gtk yang resmi. Walaumpun banyak bertebaran aplikasi cetak kartu tapi rasanya memang berbeda jika kartu itu resmi dari Kemdikbud. Sayangnya untk saat ini menu ini masih dalam taham pengembangan sehingga hanya menampilkan contoh kartu gtk. Mudah mudahan dalam waktu dekat kartu gtk resmi dari Kemdikbud yang ber-barcode ini dapat kita nikmati bersama. Semoga..

Menu Aktivitas Verval Data

Pada menu ini menampilkan status perubahan data yang dilakukan berupa kolom data, perubahan data dan data asal perubahan. Ada pula status perubahannya dan tanggal pengajuan perubahan data master serta riwayat perubahan data master gtk yang merupakan catatan perubahan terhadap data master gtk berkangkutan.




Demikian sekilas tentang laman baru kemdikbud untuk keperluan edit data gtk dan cetak kartu gtk, segala hal yang mimin sampaikan ini sekedar memberi gambaran kepada para gtk yang belum berhasil mendaftar pada laman tersebut.

Sekedar saran, mengingat pendaftaran akun memerlukah persetujuan dari admin berupa kesesuaian data dengan KTP maka ada baiknya mulailah mendaftar, mungkin saat ini antrian pendaftaran belum banyak karena belum banyak juga ops yang tahu sehingga memakan waktu seminggu untuk approval “pengalaman mimin”. Bayangkan jika nantu sudah daftar semua, berapa banyak antrian gtk se-Indonesia, tentu buanyak kan


 .

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel