Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional ( OGN )

Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional

A. Pengertian OGN
Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan wahana kompetisi bagi guru kelas SD dan SMP dalam upaya meningkatkan kompetensi profesional pada bidang yang diarnpunya.

Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional


B. Bidang yang Dilombakan
1. Guru kelas SD (Bahasa Indonesia, Maternatika, IPA, dan IPS).
2. Guru SMP meliputi mata pelajaran:
a. Matematika,
b. IPA,
c.  IPS,
d. Bahasa Indonesia,
e. Bahasa Inggris.

Unduh Jadwal dan Persyaratan serta Hadiahnya dibawah ini
Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional

C. Sasaran

Sasaran pedornan ml adalah dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dan semua pihak yang berkepentingan dengan kegiatan OGN. Peserta kegiatan OGN adalah guru kelas SD negeri dan swasta, guru SMP negeri dan swasta.

D. Persyaratan Peserta
1. Guru kelas SD dan guru SMP yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS), guru bukan PNS di sekolah negeri yang merniliki Surat Keputusan (SK) dan pernerintah daerah, guru yang merniliki SK sebagai Guru Tetap Yayasan (GTY) dengan masa kerja sekurang-kurangnya 5 (jima) tahun berturut-turut.
2. Mernpunyai Nornor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
3. Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagal kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja Iainnya.
4. Belurn pernah meraih medali OSNG dan OGN dalarn kurun waktu 3 tahun terakhir.
5. Memiliki kualifikasi akadernik minimal sarjana (SI )/D-IV.
6. Guru SMP hanya dapat mengikuti lomba pada mata pelajaran yang sama dengan mata pelajaran yang diampu (sesuai Data Pokok Pendidik/DAPODIK).

D. Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba
Kegiatan OGN 2017 dilaksanakan secara berjenjang, mulal dan tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional dengan mekanisme sebagai benikut:
1. Pada tingkat kabupaten/kota scleksi dilakukan rnelalui tes tertulis diatur olch dinas pendidikan kabupaten/kota. Perangkat tes tertulis dikernbangkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
2. Pada tingkat provinsi seleksi dilakukan melalui tes tertulis. Perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
3. Pada tingkat nasional seicksi dilakukan melalui tes tertulis, eksperimen/eksplorasifunjuk kerja, dan presentasi. Materi seleksi dan perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
4. Soal tes tertulis dan tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional mengacu pada cakupan materi yang terdapat pada lampiran I



BACA JUGA

Informasi-terbaru-terkait-program-guru

Cara-melihat-rapor-nilai-GPO Lengkap

Cara-mendaftar-akun-verval-individu-gtk.html


E. Hadiah dan Penghargaan
Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta OGN sebagai motivasi untuk rneningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya. Pengaturan pemberian hadiah bagi para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada pernerintah daerah sesuai dengan kemampuan masing-masing.



 Pelaksanaan Seleksi Tingkat Provinsi
1. Scicksi tingkat provinsi diselenggarakan oleh dinas pendidikan provinsi bertempat di provinsi masing-masing.
2. Peserta seleksi adalah peringkat pertama, kedua, dan ketiga dan tingkat kabupaten/kota untuk tiap mata pelajaran yang dilombakan OGN.
3. Kegiatan OGN di tingkat provinsi merupakan proses seleksi untuk menentukan peringkat yang akan menjadi calon peserta tingkat nasional.
4. Mekanisme penilaian rnelalui tes tertulis.
5. Perangkat tes untuk tingkat provinsi disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
6. Pengolahan basil seleksi dan penetapan pernenang tingkat provinsi dilakukan oleh Direktorat Pernbinaan Guru Pendidikan Dasar.

Untuk Lebih Lengkapnya silakan Download dibawah ini