Cara Absen Online Untuk Kehadiran Guru

Cara Absen Online Untuk Kehadiran Guru

Kemdikbud terus melakukan kemutahiran dalam memanfaatkan database Dapodik. Terbaru, dengan memantau keaktifan guru di sekolah telah diluncurkan aplikasi absensi yang belum banyak diketahui bagi rekan-rekan, karenanya penting untuk mengetahui dan memahami cara mengisi absen kehadiran guru secara online.

Mengisi kehadiran guru secara online sesungguhnya bukan tugas operator melainkan tugas sekolah. Jadi kepala sekolah menugaskan salah seorang guru untuk mengisi aplikasi absensi dengan meminta user dan passwordnya ke operator.
Absen Kehadiran Guru Online
Sekolah diwajibkan untuk mengisi absen untuk kelengkapan isi Dapodik kita
Siapa saja yang ditugaskan kepala sekolah, kasih userid dan password dapodiknya”. Jika di tempat rekan-rekan kemudian KS menugaskan operator untuk mengelola aplikasi kehadiran guru maka itu menjadi tanggungjawab anda sepenuhnya.
Bagi rekan-rekan yang ditugaskan KS untuk mengelola aplikasi absen online, Admin sediakan panduan mengisi absensinya sebagai berikut:
Login Aplikasi
Silakan menuju halaman SIM Kehadiran Guru pada url http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id Jika laman tersebut sulit diakses silakan memilih mirornya di http://223.27.144.195:212
Pada menu login silakan masukkan user dan password dapodik kemudian ketik juga angka acak yang tampil di bawahnya. Jika sudah pilik tombol login. Tunggu hinga masuk ke beranda aplikasi.
Buat Daftar Hadir
Alamat Kehadiran untuk guru http://223.27.144.195:2017/
Setelah berhasil masuk ke beranda aplikasi silakan pilih menu kehadiran dan akan tampil Menu Data Kehadiran Guru. Apabila daftar hadir belum tersedia maka buatlah dengan cara memilih menu buat daftar hadir pada bagian atas dengan warna merah. Jika tak juga muncul daftarnya silakan perbaharui laman pada menu refresh.

Isi Daftar Hadir
Untuk mengisi absensi guru online, silahkan contreng setiap hari sesuai jadwal kehadiran guru. Jika ada rekan guru yang berhalangan hadir karena sakit, izin ataupun dinas luar silahkan pilih menu data guru lalu pilih ptk tersebut kemudian pilih tombol "input surat izin/dinas luar/sakit".
Pada menu isian input surat izin, isikan nomor surat ijin, perihal surat ijin, tanggal surat ijin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan serta jenis izinnya. Lengkapi setiap kolomnya lalu pilih tombol simpan.

Logout Aplikasi
Apabila telah selesai melakukan pengisian absensi guru jangan lupa memilih tombol simpan pada bagian atas sebelah kanan. Hal ini dilakukan supaya data yang telah diisi tersimpan si server.
Lakukan tahapan pengisian absen online untuk setiap bulannya sesuai kondisi riil disekolah, bagi rekan rekan yang ingin memiliki panduannya Admin sediakan di akhir tulisan
.

Panduan Mengisi Absen Kehadiran Guru Dan Tenaga Kependidikan DHGTK Online

Perihal Penting Terkait Absensi Online GTK
1. Tugas Absen online merupakan tugas sekolah bukan operator sekolah (siapa saja yg ditugaskan kepala sekolah)

2. SIM Kehadiran Guru hanya untuk absensi guru sementara bagi tenaga kependidikan tidak perlu Data absensi online nantinya akan masuk kedalam SIM Pembayaran

3. Salah satu manfaat absensi online adalah untuk memastikan guru mengajar pada dua sekolah atau tidak (Satmikal – Non Satmikal)

4. Apabila pada data kehadiran terdapat guru yang belum masuk aplikasi absensi periksa penugasan (Pembelajaran) di dapodik, perbaiki lalu sinkronisasi

5. Absensi online untuk semua guru baik guru sertifikasi maupun belum

6. Mengisi absensi online tidak harus setiap hari, usahakan jangan melampaui batas bulan.

7. Dalam pengembangannya akan ada login dinas sehingga dinas bisa mengunduh data kehadiran

8. Pada Aplikasi seluruh kolom hadir tercentang otomatis. Tugas petugas absensilah membuang centangan sesuai dengan kehadiran guru

9. Jika guru Sarjo hadir disekolah SD X maka petugas absensi harus mencontreng hadir guru Sarjo disekolah

Demikin gambaran tentang Cara Mengisi Absen Kehadiran Guru Online, semoga bermanfaat.