Pengawasan dan Pengaduan terhadap pelaksanaan program BSM

Pengawasan terhadap  pelaksanaan program BSM meliputi pengawasan fungsional dan pengawasan masyarakat.

Pengawasan terhadap  pelaksanaan program BSM


1.  Pengawasan Melekat
Pengawasan melekat adalah pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan masing-masing instansi kepada bawahannya baik di tingkat pusat, provinsi, Kabupaten/Kota maupun sekolah.Prioritas utama dari pengawasan dalam program BSM adalah pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota kepada sekolah.

2.  Pengawasan Fungsional
Pengawasan  fungsional  adalah pengawasan  yang  dilakukan  oleh instansi pengawas fungsional, internal maupun eksternal, pusat maupun daerah. Instansi tersebut melakukan
3.  Pengawasan Masyarakat
Dalam rangka transparansi pelaksanaan program BSM, program ini juga dapat diawasi oleh unsur masyarakat dan unit-unit pengaduan masyarakat yang terdapat di sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Lembaga tersebut melakukan pengawasan dalam rangka memotret pelaksanaan program BSM di sekolah, namun tidak melakukan audit.  Apabila terdapat indikasi penyimpangan dalam pengelolaan BSM, agar segera dilaporkan kepada instansi pengawas fungsional atau lembaga berwenang lainnya. audit sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA                                                                                                   

Monitoring-evaluasi-dan-pelaporan-bsm

Tata-cara-penyaluran-bsm

Pengawasan-dan-pengaduan-terhadap

B.  Pengaduan Masyarakat
1. Penanganan Pengaduan Masyarakat
Tim Kabupaten/Kota merekapitulasi hasil penanganan pengaduan dan perkembangannya baik yang telah dilakukan oleh Tim Kabupaten/Kota maupun rekapitulasi penanganan pengaduan masyarakat yang dikirimkan oleh Sekolah. Laporan ini antara lain berisi informasi tentang jenis kasus, skala kasus, kemajuan penanganan, dan status penyelesaian.

2. Cara Penyampaian Informasi atau Pengaduan
Informasi, pertanyaan atau  pengaduan dapat di sampaikan secara langsung atau melalui sms, telpon, surat atau email. Berikut adalah media yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi terhadap program baik yang bersifat masukan/saran, pertanyaan, maupun keluhan :

Silakan anda Unduh Format PowerPoint agar bisa lebih Jelas pada Link dibawah ini