ADA BEBERAPA HAL YANG PERLU DILAKUKAN SEBELUM MENGINSTAL DAPODIK 2016


ADA BEBERAPA HAL YANG PERLU DILAKUKAN SEBELUM  MENGINSTAL DAPODIK 2016

1. Hapus/Uninstall Aplikasi Dapodik versi lama
Lakukan penghapusan/uninstall Aplikasi Dapodik versi lama sampai tuntas.
RESTART komputer.

2. Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodik V.2016 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pengembangan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik V.2016 bisa langsung di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

3. Generate Prefill Aplikasi Dapodik
Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil database awal sekolah dari server agar dapat diregistrasikan di aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file *.prf). Untuk melakukan Generate Prefill bisa dilakukan di http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dikdasmen/generate_prefill.php kemudian masukkan jenjang , username, password yang lama dan kode registrasi sesuai di aplikasi Dapodik, Jika lupa username/password silakan hubungi admin dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) untuk dilakukan reset ulang.

4. Pengaturan waktu pada komputer
Langkah berikutnya adalah melakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi data berjalan lancar. Pastikan zona waktu yang dipilih adalah zona waktu yang sesuai dengan wilayah setempat. Contoh untuk pengisian zona waktu WIB (Waktu Indonesia Barat) pilih zona waktu (UTC+07:00 Bangkok, Hanoi, Jakarta).

5. Program pengamanan atau anti virus harus dinonaktifkan
Agar proses instalasi aplikasi Dapodik dapat berjalan dengan lancar, beberapa program pengamanan perlu dinonaktifkan, seperti :
Deep Freeze: harus dinonaktifkan.
Antivirus yang membuat service database tidak berjalan sebagaimana seharusnya misalnya Avast, Avira, Symantec, Antivirus harus dinonaktifkan atau dihapus. Antivirus yang disarankan adalah Windows Defender atau Microsoft Essentials.
Windows Firewall dinonaktifkan jika ingin menggunakan entri data dengan menggunakan jaringan.

6. Menyiapkan Kode Registrasi Aplikasi Dapodik

Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Jika belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka operator sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Operator Dapodik.