Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara menjaga kesehatan ginjal

Ginjal adalah salah satu alat penting  yang terdapat dalam tubuh ia memiliki peranan yang penting bagi kehidupan kita. ginjal berfungsi sebagai pembersih darah dan membuang zat berbahaya yang terdapat dalam darah yang mengalir dalam tubuh. Jika ginjal mengalami kerusakan tentunya darah yang telah tercampur dengan racun ataupun zat berbahaya yang seharusnya dapat tersaring melalui ginjal dan membuangnya melalui buang air kecil tidak dapat dilakukan oleh ginjal karena ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau mengalami gangguan kesehatan pada ginjal.

Beberepa hal yang harus kita perhatikan untuk memjaga kesehatan Ginjal

1. Perbanyaklah Minum Air putih dalam jumlah yang banyak setiap hari tentunya akan menjaga kondisi kesehatan ginjal. Karenan air putih yang cukup tentunya akan membantu memperingan kerja dari ginjal. Zat berbahaya yang terdapat dalam darah tentunya akan mudah larut dalam air yang untuk selanjutnya dibuang melalui air seni.

2. Kelebihan Berat badan usahakan yang ideal, gangguan yang sering dialami oleh penderita gagal ginjal ataupun batu ginjal serta gangguan terhadap ginjal lainnya adalah karena faktor kelebihan berat badan.
3. Kontrol tekanan darah Jaga dan kontrol tekanan darah anda kedalam batas normal, tekanan darah tinggi juga dapat memicu dan mengganggu kesehatan dari kerja ginjal.
4. Berolahraga secara rutin menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal, dengan melakukan olahraga tentunya aliran darah menjadi lebih lancar sehingga seluruh darah yang dipompa oleh jantung dapat tersaring oleh ginjal sebagai pemroses pembuangan zat berbahaya yang terdapat dalam darah.

5. Hindari merokok selain berdampak bahaya bagi kesehatan jantung dan paru-paru, ternyata memiliki resiko terhadap gangguan ginjal. Dengan memasukan asap rokok yang memiliki racun tentunya akan menambah jumlah racun dalam darah dan semakin membuat ginjal bekerja lebih ekstra berat lagi. Terlalu beratnya tugas dari ginjal ini dengan membuang racun yang terdapat pada rokok tentunya akan dengan mudah mempengaruhi kondisi kesehatan dari ginjal itu sendiri.

6. Konsumsi makanan sehat dan bergizi Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi tentunya membantu memberikan tubuh antioksidan untuk menangkal segala racun maupun radikal bebas yang terdapat dalam darah. Dengan adanya antioksidan melalui makanan yang kita konsumsi tentunya akan lebih meringankan kerjad dari ginjal.

7. Hindari garam berlebih Garam maupun sodium merupakan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan tentunya akan menimbulkan gangguan terhadap kesehatan seperti ginjal ini. kandungan mineral yang terdapat pada garam dan sodium tentunya dapat membentuk kristal-kristal garam yang memicu batu ginjal.

8. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur pada asupan makanan anda sehari-hari. Dengan mengkonsumi buah dan sayur tentunya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita dan secara langsung akan menjaga ginjal tetap dalam kondisi yang prima.

Demikian saran dari kami semoga dapat bermamfaat.
Terima kasih