Pidato tentang guru adalah pahlawan

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu :
Alhamdulillahirrabil alamin  wasalatu wasalamu asrafil anbiya iwal mursalin wa’ala alihi wasahbihi azmain.

Pertama – tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji beserta syukur kita kehadirat Allah SWT. yang mana Ia telah memberikan rahmat dan hidayahnya berupa kesehatan keimanan dan juga kesempatan kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul ditempat yang kita cintai ini.. Salawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi besar Muhammad SAW. Baiklah untuk mempersingkat waktu, kita masuki judul pidato kita pada hari ini yaitu yang berjudul Guru adalah pahlawan

          Mari kita akan menguraikan sedikit tentang jasa seorang guru bagi kita, Kita bisa menulis, kita lancar membaca, pandai berhitung, itu semua jejak kegigihan seorang guru dalam mengajar kita.
          Oleh karena itu, tepat kiranya apabila dalam pidato kali ini, mengangkat topik “ Guru sebaga Pahlawan”
          Hadirin yang saya hormati!
          Diakui atau tidak, tak kan ada seorang presiden tanpa seorang guru, tak kan ada seorang dokter tanpa seorang guru, tak kan ada seorang guru tanpa seorang seorang guru.
          Untuk jadi seorang bupati, gubernur bahkan presiden kita harus pintar, untuk jadi seorang dokter kita harus pintar, untuk jadi seorang guru kita harus pintar, dan untuk jadi pintar, kita harus serkolah. Karena disanalah ada seorang guru yang siap untuk mengajar kita, siap untuk mengantarkan kita kepada yang kita cita-citakan.
          Hadirin sekalian!
          Ilmu adalah cahaya kehidupan. Dengan ilmu, kita jadi tahu bagaimana beribadah kepada Alloh, dengan ilmu, kita jadi tahu bagaimana berhubungan dengan sesama manusia. dan yang mengajarkan semua ilmu adalah guru-guru kita.
          “Guru telah mendekatkan sesuatu yang jauh dan bisa membuka pintu yang tertutup”
          Hadirin yang saya hormati!       
          Yang mengajari satu huruf saja harus kita hormati, apalagi yang mengajari banyak huruf. Jadi jelaslah sudah begitu penting dan mulia kedudukan seorang guru dalam kehidupan kita. Guru adalah pewaris ilmu para Rasul. Dan Rasululloh adalah sebaik-baik guru bagi umat manusia
          Hadirin yang Saya hormati!
Ada istilah guru digugu dan ditiru, artinya seorang guru harus bisa diikuti penasehatnya para muridnya dan harus bisa ditiru bagi seluruh umat manusia. 
          Guru telah melahirkan begitu banyak pahlawan hebat di muka bumi ini. Maka sudah sepantasnyalah kita menghargai jasa guru-guru kita, yang telah memberikan kita ilmu dan pengetahuan, mendidik kita ke arah kebaikan. ’ Guru adalah Pahlawan’


Demikian pidato dari saya apa bila ada kesalahan dalam penyampaian, ataupun kata – kata yang kurang berkenan saya mohon maaf, karena kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT. akhirul kalam Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatu.